Serba-Serbi dan Fakta Tentang Nike Ardilla

"Sulit ternyata tuk menerima
Namun pasti semuanya kelak berguna
Kurangkai doa mohon padanya
S'moga saja kau bahagia, lelap damai di sisiNya...

Semua di dunia fana semata
Relakanlah semua, pasrahkan
Karena kita hanya manusia
Ada dalam kuasaNya..."

-----------------------------------------------------------
Secuil kutipan lirik lagu 'Bayang Dirimu' dari album "Sandiwara Cinta" milik almarhumah Nike Ardilla di atas, sedikit banyak menggambarkan situasi saat ini. Masih banyak penggemarnya terus menguntai doa demi kelapangan jalan sang idola di akhirat, terutama setiap hari peringatan kematiannya.
Namun para pembaca mungkin belum banyak yang tahu tentang serba-serbi dan fakta-fakta tentang Nike Ardilla. Oleh sebab itu penulis akan membahas hal tersebut pada kesempatan kali ini.

1. Siapa sih Nike Ardilla itu?
Model Rambut Nike Ardilla
Barangkali di antara pembaca setia LirikRaja ini ada yang masih berupa adik-adik manis dan belum mengenal betul siapa Nike Ardilla? Baiklah, kakak akan kenalkan sekilas ya, Dik..

Jadi, Nike Ardilla adalah penyanyi paling hits dan eksis di dunia hiburan pada awal era 90an sampai tahun 1996. Awalnya nama Nike Ardilla melejit saat rilis album pertama 'Seberkas Sinar' pertengahan tahun 1989 dan makin booming setelah album kedua 'Bintang Kehidupan' dirilis awal tahun 1990. Selain penyanyi, cewek kelahiran Bandung, 27 Desember 1975 itu juga sukses sebagai pemain film, pesinetron, bintang iklan, dan model.

Selama masa aktifnya jadi artis Nike rajin wara-wiri di TV, di layar bioskop, tabloid, juga majalah kala itu. Lagu-lagunya terus-terusan diputar di setiap radio. Semua albumnya selalu laris manis tanjung kimpul. Gaya fesyen dan model rambutnya ditiru para gadis remaja dan dewasa generasi 90an. Hatinya menjadi rebutan para pria generasi 90an, dari mulai rakyat jelata, sepupu jauh, fans, selebritis, sampai anak pejabat. Penggemarnya dari mulai bocah, remaja, dewasa, sampai orang tua. Pokoknya selama era tersebut, dominasi seorang Nike Ardilla begitu kuat.

2. Pribadi Sederhana, Humble dan Paras Rupawan
Gaya Berbusana Nike Ardilla SederhanaTerlepas dari segala kontroversi yang (masih) sering dipergunjingkan soal hobinya keluar masuk diskotik (konsekuensi sebagai remaja ng-etop yang cuma punya waktu main pas malam hari), Nike juga terkenal memiliki pribadi yang baik serta murah hati, berjiwa sosial tinggi. Dia nggak cuma suka nolongin teman yang lagi kesusahan, tapi selalu menyisihkan honor-honornya dan berbagi kepada mereka yang lebih membutuhkan. Tahun 1992 Nike mendirikan Sekolah Luar Biasa (SLB) bagi penyandang disabilitas, semua atas prakarsanya sendiri alias tanpa dorongan siapapun.

Tampilannya yang sederhana, tidak pernah bermewah-mewah, gaya pakaian sehari-hari yang cuek, casual, chic tapi tomboy itupun banyak dikagumi. Menurut cerita yang beredar, tak jarang Nike Ardilla datang ke sebuah acara atau melakukan pemotretan tanpa make-up. Hanya natural dengan pakaian yang nyaman dipakainya, tapi masih terlihat cantik. Nike juga tak pernah ragu berbaur dengan para fansnya yang berkunjung ke lokasi ia bekerja. Rajin pula membalas surat penggemar satu per satu.

Faktor-faktor di atas kemudian dibungkus oleh fisiknya yang menarik. Terlahir dengan wajah cantik nan lugu khas mojang Sunda dan perawakan tinggi semampai juga turut menjadi salah satu daya jual Nike Ardilla. Sosoknya menjadi standar cewek idaman kala itu. Kalau zaman sekarang, boleh juga lah disejajarkan dengan ikon cantik semisal Chelsea Islan, Raisa, atau Natasha Wilona.

3. Cukup Mudah Untuk Jatuh Cinta Terhadap Nike
Coba saja dengar lagu-lagunya Nike Ardilla, dari mulai yang hits sampai yang bukan jadi lagu andalan, semua lagunya masih enak didengar kok. Meskipun dijuluki lady rocker, tapi musik Nike nggak mengusung musik yang gombrang-gambreng semacam aliran emo, grunge, heavy rock, apalagi metal. Justru lebih ke slow rock, sweet pop, berlirik melankolis yang cocok banget buat suasana hati galau.

Suara khasnya yang serak-serak basah selalu berhasil meniupkan roh ke dalam setiap lagu yang ia nyanyikan, sehingga membuat jerit hatimu seperti tersuarakan. Tengok deh lagu-lagunya, seperti Seberkas SinarBintang Kehidupan, Tinggallah Aku Sendiri, Izinkan, Suara Hati, Dalam Biru HatikuDuka Pasti Berlalu, Luka, dan masih banyak lagi. Banyak banget malah.

Pada eranya, catatan penjualan album-album Nike selalu menembus lebih dari 2 juta copy.Album terakhirnya, 'Sandiwara Cinta' rilis pada awal Maret 1996 terjual 2 juta copy dan melambung menjadi 5 juta copy pasca kematian penyanyinya. Sampai saat ini nyanyian Nike masih banyak yang mencari, baik dalam bentuk kaset, compact disc, atau DVD. Peminat pun tak hanya dari Indonesia, tetapi juga Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Bahkan tahun 2014 silam tersiar kabar bahwa Nike berhasil menguasai chart iTunes Brunei, mengungguli penyanyi kenamaan masa kini seperti John Legend dan Pharrell Williams.

4. The Power of Nike Ardilla
Bolehlah bilang Nike Ardilla itu Jim Morrison dan Kurt Cobain-nya Indonesia. Kenapa? Karena selain sama-sama besar dari industri musik, fans setianya masih rajin memperingati hari lahir dan kematian sang Idola. Fanatisme tersebut masih menarik perhatian dunia showbiz sehingga kerap dibahas di media elektronik, internet, maupun media cetak.
Nike Ardilla dimuat di Majalah
Setiap acara peringatan kelahiran maupun kematian Nike Ardilla, melibatkan ratusan fans dari beragam daerah di Indonesia. Iring-iringan rombongan mereka menuju pemakaman keluarga Nike di Desa Imbanagara, Ciamis, ataupun kunjungan ke Museum Nike Ardilla di Bandung bisa 2 sampai 4 bus. Hal tersebut juga tercermin pada peringatan 22 tahun kematian sang Bintang Kehidupan yang jatuh pada 19 Maret 2017 kemarin. Penggemar yang tergabung dalam Nike Ardilla Fans Community (NAFC) itu juga suka terlibat dalam acara-acara sosial. 

Kecintaan penggemar terhadap fans berat Marilyn Monroe itu tak pernah berkurang. Bisa dilihat dari fans page facebooknya yang tembus angka lebih dari 2,9 juta likes. Malah bertambah karena banyak dari para fans senior menularkan ke-idola-an mereka atas Nike Ardilla terhadap junior-juniornya. Seperti warisan turun temurun; kalau ibu-bapaknya suka, anaknya jadi suka. Kalau tantenya fans berat, eh keponakannya ikut gandrung juga.
Labels: Artikel

Thanks for reading Serba-Serbi dan Fakta Tentang Nike Ardilla. Please share...!

0 Comment for "Serba-Serbi dan Fakta Tentang Nike Ardilla"

Back To Top