Asahan, Grup Band Bergenre Slow Rock Melayu

Grup Musik Asahan, Slow Rock Melayu Asahan, Personil Grup Band Asahan, Asahan Cinta tasikmalaya"Tiada apa yang dapat kurasakan
Selain dari cintaku padamu
Tiada lafaz sendu yang terindah
Yang dapat ku gambarkan kepadamu..."


Penggalan lirik diatas merupakan sebuah lagu milik musisi Malaysia, Olan ("Cinta Bandar Tasik Selatan"), yang diaransemen ulang dan dibawakan oleh Asahan dan diberi judul "Cinta Tasikmalaya". Kemunculan Band Asahan di industri musik nasional pertama kali di penghujung tahun 2000, kala itu lagu hits andalan "Cinta Tasikmalaya" sering diputar di stasiun TV Indonesia. Dengan nuansa slow rock Melayu yang kental, dipadukan dengan aransemen musik yang memiliki karakter slow rock lebih kuat, lagu ini booming dan mencatatkan penjualan kaset yang lumayan untuk sebuah band pendatang baru.

Saat lagu ini populer, banyak yang mengira grup band ini berasal Malaysia. Padahal sesuai namanya, band ini berasal dari kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Asahan terdiri dari 5 personel, Faisal (Vocal), Rapi (Guitar), Yudi (Keyboard), Zen (Bass), dan Inat (Drum). Satu hal yang saya cermati dari band ini adalah karakter musik slow rock yang kuat dipadukan aransemen yang indah. Dibanding dengan band bergenre slow rock asal Malaysia seperti Exist, Arrow, maupun New Boyz, maka Asahan memiliki kelebihan dalam hal musikalitas, aransemen lagu dan skill bermusik para personilnya.

Sukses dengan album perdana "Cinta Tasikmalaya", setahun kemudian Asahan mengeluarkan album bertajuk "Sanggup Ku Pertahankan". Pada album kedua ini ada beberapa lagu daur ulang dari Sonia seperti: 'Selaseh Kusangka Mayang' (Benci Kusangka Sayang) dan 'Cinta Bersepuh Dusta' (jawaban dari lagu Sonia, 'Dusta Bersepuh Cinta').

Satu hal yang patut disayangkan, kemunculan Asahan di belantika musik Indonesia agak terlambat, andai band tersebut memulai kiprahnya di akhir era 90-an mungkin akan menuai kesuksesan yang lebih. Jarak rilis dari album ke-2 dan ke-3 pun terlalu lama, album ke-3 dengan judul "Penyejuk Jiwa dirilis pada tahun 2012. Walaupun sang Vokalis Faisal sempat mengeluarkan album solonya di tahun 2010 yang bertajuk "Kau Kumiliki".

Diskografi album:
  • Cinta Tasikmalaya (2000)
  • Sanggup Ku Pertahankan (2001)
  • Kau Kumiliki (2010)  ---> album solo Faisal
  • Penyejuk Jiwa (2012)
Berikut video klip Asahan dalam lagu 'Kau Tetap Harapan', lagu ini terdapat pada album pertama dan kedua. Silahkan putar tautan video dibawah ini:
Labels: Profil Musisi

Thanks for reading Asahan, Grup Band Bergenre Slow Rock Melayu. Please share...!

0 Comment for "Asahan, Grup Band Bergenre Slow Rock Melayu"

Back To Top